Minggu, 25 November 2012

Tips Menghemat Baterai pada Nokia Belle ala Nokia Battery Monitor (Bagian I)

Screen12 Screen13 Screen14
Sekarang jamannya smartphone Mobile phone yang mana perangkat tersebut memiliki segudang kemampuan canggih—misalnya kamera Camera, GPS, 3G dan lain-lain. Kompensasi dari fitur WOW tersebut adalah penggunaan daya yang sangat tinggi, sehingga kadang perangkat kudu diisi ulang sampai 3 kali sehari (kaya jadwal makan aja). Masalah tersebut mengizinkan kita untuk mampu memanajemen perangkat sehemat mungkin. Apalagi kalau kita mau camping atau menyepi di pegunungan, rawa atau samudera. Huh.
Nah, kali ini saya akan kasih tip bagaimana menghemat baterai pada perangkat selular a.k.a semartfon bersistem operasi Nokia Belle. Tip ini saya comot dari ‘Tips on how to save power’ pada aplikasi Nokia Battery Monitor yang bisa diunduh di Kios Nokia secara gratis (tautan akan saya sisipkan di Bagian II). Oh ya, secara umum beberapa tip di bawah ini juga bisa lhoh diterapkan pada perangkat lain. Cekidot! Thumbs up
  1. Bluetooth memakan daya baterai ketika diaktifkan. Nonaktifkan Bluetooth melalui menu Pengaturan > Konektivitas > Bluetooth.
  2. Jaringan GSM memberikan waktu bicara Call me lebih lama daripada jaringan 3G. Beralih ke jaringan GSM melalui menu Pengaturan > Konektivitas > Jaringan > Modus Jaringan. Atau dengan mengaktifkan Modus Hemat Daya.
  3. Modus Hemat Daya dapat memperpanjang masa pakai baterai ketika daya baterai lemah. Aktifkan Modus Hemat Daya melalui Nokia Battery Monitor (Power Save—Gambar 3).
  4. Isi ulang baterai sampai benar-benar penuh. Nokia Battery Monitor akan meperkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk isi ulang hingga baterai penuh dan menunjukkan progress level baterai selama pengisian ulang (Gambar 1).
  5. Screensaver Jam Besar memakan daya baterai ketika diaktifkan. Nonaktifkan melaui menu Pengaturan > Tema > Screensaver. Atau dengan mengaktifkan Modus Hemat Daya.
  6. Akses jaringan memakan daya baterai dalam modus siaga. Aktifkan modus Offline ketika tidak memerlukan akses jaringan.
  7. Tampilan layar sentuh memakan banyak daya ketika digunakan dengan kecerahan tinggi. Kamu dapat mengurangi kecerahan dan waktu cahaya layar melalui Nokia Battery Monitor (Power Save).
  8. Widgets pada layar awal memakan daya ketika digunakan. Atur widgets ke modus offline jika memungkinkan melalui Layar Awal > Pilihan > Widgets.
  9. Dapatkan lebih banyak waktu putar musik Note dengan menggunakan headset berkabel daripada menggunakan loudspeaker, Bluetooth headset atau FM-transmitter.
  10. Nokia Battery Monitor menampilkan aplikasi yang paling banyak memakan daya baterai (Statistics—Gambar 2). Kurangi penggunaan aplikasi berdaya tinggi ketika daya baterai lemah.
Segitu dulu beberapa tip dari saya. Kita sambung lagi kapan-kapan. Kalau saya posting langsung semua tip, nanti malah mengganggu jadwal kamu—nyuci, ngepel, belajar. Nerd smile
Bersambung….

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....