Kamis, 15 November 2012

Identifikasi dan Deskripsi Singkat Objek Wisata di Kabupaten Pacitan

100_7352100_3529

IMG00137-20110602-1120

Pantai Srau. Jarak dari pusat kabupaten yang cukup jauh—±25 km—terbayar denganbpanorama pantai yang luar biasa. Masih perawan, tenang, dan alami, pantai ini memberikan pesona pasir putihnya, air birunya, dang karang berwarnanya. Pantai ini terdiri atas tiga bagian yang dipisahkan oleh bukit karang—tempat di mana masyarakat dapat memancing. Penduduk di sekitar pantai masih jarang dan masih penuh dengan gaya tradisional. Biaya masuk sebesar Rp 3.000,00/kepala.

Gua Gong. Goa Gong terletak 30 km dari kota Pacitan atau 45 menit waktu tempuh, dapat dicapai dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Goa dengan stalagtit dan stalagmitnya yang dinominasikan sebagai goa terindah di Asia Tenggara ini mampu memukau setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Stalagtit tertentu akan berbunyi seperti gong jika dipukul. Selain keindahan stalagtit dan stalagmitnya, Goa Gong memiliki lima sendang yang dinilai magis bagi siapa saja yang mempercayainya, yaitu Rogo, Panguripan, Jiwo, Kamulyan, dan Ralung Nisto. Kedalaman goa ini mencapai 256 m, 12 ruang utama, dan 7 mata air. Di sekitarnya menjual oleh-oleh khas, misalnya akik. Biaya masuknya paling mahal Rp 4.000,00.

Monumen Jenderal Soedirman. Jarak dari pusat kabupaten sejauh 50 km dengan jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Kawasan utama seluas sembilan hektar, di tempat itu telah berdiri sebuah patung Panglima Besar Jenderal Sudirman dan pagar tembok keliling dilengkapi dengan relief perjuangan peperangan di masa kemerdekaan, sementara itu kawasan kedua luasnya sekitar 60 hektare yang pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Upacara Ceprotan. Upacara Ceprotan biasa dilakukan pada pada hari Ahad atau Senin di Bulan Dzulqo’dah, atau bulan Longkang menurut Kalender Jawa. Kesenian daerah Ceprotan sebenarnya adalah upacara tradisional untuk melakukan tradisi bersih desa (seperti dilakukan kebanyakan orang Jawa) yang dilakukan masyarakat di desa Sekar, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Deskripsi objek wisata lain unduh di sini:

mediafire-logo2

http://goo.gl/VPB2J

Kata sandi: dhanzsity

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....