Jumat, 09 November 2012

Konsep Geografi Sosial

Konsep geografi sosial menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

1. Geografi manusia adalah bagian dari geografi yang menelaah, pertama: adaptasi kelompok manusia kepada lingkungan alamnya, termasuk analisa terhadap pengalaman regionalnya, dan ke dua: relasi antarwilayah (region) yang disusun oleh aneka adaptasi dan orientasi geografis dari kelompok masyarakat dalam wilayah yang bersangkutan (Profesor Roxby).

2. Geografi manusia menelaah aspek-aspek dari kehidupan manusia yang menciptakan bentang-bentang alam serta wilayah-wilayah yang berbeda-beda, melalui proses interaksi yang terus-menerus dengan alam dalam segala bentuknya (Emrys Jones).

3. This classification, sometimes called human geography, involves all phases of human social life in relation to the physical earth (Geoffrey J. Martin and John H. Thompson, 2008).

4. Geografi sosial membahas pertumbuhan dan persebaran penduduk, tipe-tipe pemukiman dan persebarannya, serta perwujudan budaya manusia pada agama, bahasa, organisasi kemasyarakatan dan sebagainya (Daldjoeni, 1987).

5. Geografi manusia merupakan cabang geografi dengan kajian aspek keruangan gejala di muka bumi, manusia sebagai pokok kajian ( meliputi aspek kependudukan, ekonomi, politik, dan sosial budaya). Geografi Sosial sebagai studi tentang relasi sosial dan struktur keruangan, geografi menstransfer teori sosial (Johnston et al.).

6. Geografi sosial memperhatikan analisa spatial dalam menganalisa permasalahan sosial, geograi sosial memperhatikan pentingnya ruang sebagai tempat kehidupan dan institusi sosial, struktur sosial serta relasi sosial (Gregory & Urry, 1985).

7. Sebagai ilmu, geografi sosial memperhatikan aspek ruang dalam teori sosial yang juga menjadi ciri studi geografi modernism dan postmodernisme (Harvey, 1989, Soja, 1989).

8. Geografi Sosial mempunyai objek studi aktifitas manusia sebagai bagian geosfer meliputi perbedaan dan persamaan aktifitas manusia dengan lingkungannya yakni lingkungan alam dan lingkungan sosial (Hasil Seminar Lokakarya Geografi di Semarang, 1988).

9. Geografi sebagai ilmu spesifik tentang geosfer tentu saja kajian geografi sosial lebih menekankan kegiatan manusia sebagai aspek pokoknya tidak dapat dilepaskan dari aspek lingkungan alam. Konsep tersebut sesuai dengan geografi yang menekankan antropocentris (Sumaatmaja, 1988).

Dari berbagai sumber.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....