Jumat, 09 November 2012

Geografi Pariwisata: Ekowisata

SDC14504

Ekowisata merupakan salah satu model yang ada dalam kegiatan wisata selain Rural tourism, Urban tourism, Heritage/cultural tourism, Nature based, dan Adventure bases (Pratiwi). Ekowisata atau sering juga ditulis atau disebut dengan ekoturisme, wisata ekologi, ecotoursism, eco-tourism, eco tourism, ecotour, eco-tour adalah perjalanan ke tempat-tempat alami yang relatif masih belum terganggu atau terkontaminasi (tercemari) dengan tujuan untuk mempelajari, mengagumi dan menikmati pemandangan, tumbuh-tumbuhan dan satwa liar, serta bentuk-bentuk manifestasi budaya masyarakat yang ada, baik dari masa lampau maupun masa kini (Hector Ceballos-Lascurain dalam Ekowisata Indonesia, 1987). Sedangkan menurut The International Ecoturism Society (1990), ekowisata adalah perjalanan yang bertanggung jawab ketempat-tempat yang alami dengan menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahtraan penduduk setempat.

Ekowisata harus dipahami melalui dua sisi, yaitu ekowisata dari segi
konsep dan ekowisata dari segi pasar. Ekowisata dari segi konsep merupakan pariwisata bertanggung jawab yang dilakukan pada tempat-tempat alami, serta memberi kontribusi terhadap kelestarian alam dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Sedangkan ekowisata dari segi pasar selalu mengacu pada bentuk kegiatan wisata yang mendukung pelestarian, ekowisata semakin berkembang tidak hanya sebagai konsep tetapi juga sebagai produk wisata.

Ekowisata mulai muncul sejak ada indikasi eksploitasi manusia yang
berlebihan terhadap alam. Eksploitasi tersebut menimbulkan lebih banyak pengaruh negatif pada lingkungan. Gambaran tersebut divisualisasikan melalui media semisal film. Dicontohkan adalah film Tarzan melawan penjahat yang mengeksploitasi hutan dan isinya.

Pembahasan lengkap unduh di:

mediafire-logo2

http://bit.ly/WJSrPh

Kata sandi: dhanzsity

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....