Sabtu, 05 Januari 2013

Memperpendek Jarak dengan Telepon Selular

Nokia Lumia 620c71

sam galaxy ace duos s6802 black__1blackberry-curve-9380

Sejak milenium baru, perkembangan teknologi telepon selular semakin cepat. Setiap waktu tertentu muncul teknologi telepon selular ataupun teknologi di luar telepon selular yang diintegrasikan ke dalam perangkat selular, misalnya kamera, peranti pemosisian, bahkan pemindai barcode/QR Code. Semakin hari, perangkat ini mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Seperti slogan, hidup dalam genggaman.

Kembali pada fungsi utama ponsel, masyarakat menggunakannya untuk kemudahan berkomunikasi dengan orang lain: keluarga, teman, pasangan, relasi bisnis, dan lain-lain. Pengguna tidak perlu bertatap muka untuk sekadar ngobrol bahkan membicarakan hal yang sangat penting. Manusia tidak perlu bertemu yang lain untuk berkomunikasi….

Nah itulah masalahnya, manusia menjadi jarang berkomunikasi dengan tatap muka langsung. Manusia hanya bisa menggunakan ponsel untuk bertukar suara. Namun, seperti langsung dibaca oleh produsen ponsel, fitur bertukar wajah pun dapat diintegrasikan ke dalam ponsel. Sebut saja munculnya teknologi supercepat HSDPA/HSUPA atau lebih dikenal sebagai 3G. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna dapat bertukar data dalam kuota besar misalnya panggilan video ataupun video conference.

Pengguna ponsel dipermudah dengan adanya berbagai teknologi komunikasi mutakhir. Manusia tidak perlu bertatap muka langsung secara fisik atau… manusia menjadi jarang bertatap muka langsung secara fisik. Jadi, sebenarnya ponsel mempermudah atau mengubah perilaku manusia? Komunikasi bukan hanya mengenai dapat mendengar suara atau dapat melihat wajah. Komunikasi lebih dari sekadar itu. Komunikasi juga untuk memahami manusia yang lain secara utuh, bukan dengan sosok semivirtual. Kelompok masyarakat tertentu yang kemudian mengatakan ponsel dapat menggantikan seluruh cara berkomunikasi manusia, dapat dikatakan mereka tidak lagi manusiawi, bahkan jika suatu saat nanti ponsel dapat menghadirkan salinan seorang manusia di tempat lain dalam waktu yang bersamaan. Seperti teknologi Tesla dalam film The Prestige.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....