Minggu, 14 Oktober 2012

Bekualitaskah Resume Kamu? (Bagian 1/5)

Bosan, karena tidak ada panggilan interview atas lamaran yang Kamu kirimkan? Atau tidak yakin atas resume yang akan Kamu kirimkan? Berikut adalah beberapa tip menyusun resume, terutama bagi para pengguna jasa JobStreet.com. Selamat membaca!!!

  1. Apakah Kamu membaca dan mempelajari deskripsi pekerjaan secara rinci sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan?
    Ya.
    Hal ini penting untuk mempelajari deskripsi pekerjaan sehingga Kamu tahu apa yang perusahaan perlukan dan apa yang Kamu cari. Jika ini bukan pekerjaan pertamamu, deskripsi pekerjaan juga membantu melihat apakah kemampuan dan pengalaman Anda sesuai dengan pekerjaan.
  2. Apakah Kamu memperbarui resume sebelum melamar pekerjaan?
    Ya. Resume terbaru memastikan bahwa perusahaan mendapatkan informasi terbarumu. Dengan informasi terbaru, perusahaan membuat penilaian yang baik dan apakah Kamu cocok untuk pekerjaan itu. Resume harus mencakup rincian pekerjaan terakhir, keterampilan, sertifikasi dan sebagainya.
  3. Apakah Kamu melengkapi template resume JobStreet.com, meskipun Kamu telah mengunggah resume?
    Ya. Kedua resume, baik pada template JobStreet.com dan resume yang diunggah, akan dikirim kepada perusahaan ketika Kamu melamar pekerjaan. Template JobStreet.com menyediakan template standar yang berisi kolom untuk informasi yang sering diminta perusahaan. Template ini juga membantumu untuk memasukkan informasi yang mungkin tidak disertakan dalam resume terlampir.
  4. Apakah Kamu memasang foto yang cocok (misalnya pas foto)?
    Ya. Gunakan foto yang jelas, sebaiknya foto paspor atau yang setara. Berpakaian profesional untuk foto. Jangan menggunakan foto dari profil Facebook atau foto dengan pakaian/pose yang tidak pantas.
  5. Apakah Kamu memasukkan rincian semisal agama, tinggi, berat badan atau rincian pajak penghasilan?
    Tidak. Hanya informasi penting dan relevan yang perlu dimasukkan ke dalam resume seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, alamat email dan nomor ponsel/nomor telepon. Seringlah bertanya pada diri sendiri, apakah informasi tersebut relevan dengan pekerjaan? Informasi seperti tinggi dan berat badan biasanya bukan kriteria umum untuk suatu pekerjaan. Jangan gunakan alamat email atau nomor telepon dari pekerjaan saat ini, kecuali yakin bahwa itu tepat bagi pengusaha lain untuk menghubungimu.
  6. Bersambung….

Sumber: JobStreet.com (JobStreet RA)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....