Sabtu, 14 Mei 2011

Fisiografi Pulau Papua (Extended)

w_fcp_photo_mamberamo_river_view_papua_foto_intu_boedhihartono_2280Pulau Papua merupakan pulau terbesar ke dua di dunia setelah Tanah Hijau (Greenland Island) dengan panjang mencapai 2.400 km dan lebar 660 km. Pulau ini terbagi dalam dua kedaulatan, yaitu Negara Indonesia dan Papua Nugini. Di pulau ini terdapat Pegunungan Jayawijaya dengan Piramid Cartenz-nya yang mancapai ketinggian lebih dari 5.000 m dan tertutup oleh salju.
Bentuk pulau ini unik—mirip burung. Hal ini sangat dipengaruhi oleh adanya tenaga endogen yang cukup aktif pada masa pembentukan pulau ini. Salah satunya adalah karena adanya Jalur Lipatan Lengguru yang mengakibatkan bentukan unik pada leher burung Pulau Papua. Selain tenaga endogen, tenaga eksogen berupa iklim juga mempengaruhi adanya erosi, denudasi, dan proses-proses yang lain. Sehingga Pulau Papua memiliki kondisi seperti saat ini dan akan terus berkembang hingga masa depan nanti….

Fisiografi Papua disajikan dalam bentuk makalah dalam tugas Geomorfologi Indonesia. Versi lengkapnya, silakan unduh di sini: Part I dan Part II!

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan....